Muara Aman Tempo Dulu


Setelah video pertama Lebong Tempo Dulu sekarang saya telah upload juga Muara Aman Tempo Dulu…..
Melanjutkan cerita kemarin, pada kesempatan ini saya mencoba upload video film yang kedua, yang judul aslinya adalah Pertambangan Redjang Lebong. Video ini sebenarnya berdurasi 00:26:18:24 merupakan video yang cukup panjang untuk direkam dengan menggunakan Screen Recorder.
Dengan menggunakan Screen Recorder yang sifatnya free ware (harap maklum) tentunya kapasitas data yang direkam tidak bisa besar sementara video film yang ingin direkam ini cukup besar. Video film ini memiliki format dalam AVI jadi kapasitasnya hingga mencapai ukuran 2 G lebih. Setelah beberapa kali proses editing dan juga convert maka video film yang saya upload ini menjadi lebih kecil dari video awalnya.
Pada video film ini sebenarnya terdiri dari 5 chapter namun dikarenakan video film ini memiliki kapasitas besar maka video ini saya bagi menjadi beberapa bagian. Jika dipaksakan untuk menyatukan video file pada proses editing dan merge ada beberap gambar yang hilang. Sebelumnya minta maaf untuk hal yang satu ini
Isi chapter sebagai berikut:
1.Pertambangan Redjang Lebong Bagian pertama: Toplevel Selatan ,Transportasi Bijih Bijih, Mengisi batang emas untuk cap pabrik.
2.Mr Wyly berkeliling, Mencairkan dan mencetak emas batangan dan Laboratorium
3.Pertambangan Redjang Lebong Bagian kedua: Sawmill, sendok, garam, abu, kemudian Iklan Bioskop dan rentetan Rantsoenuitdeeling.
4.Rumah Sakit-IJsmachice Lemonade, Pabrik Mr Sanders, Kantor Talang Oeloe dan Gedung/Rumah Keluarga Sanders.
5.Pertambangan Redjang Lebong Bagian Ketiga: bayaran Dam Aer Petjong, Talang Baru, Panorama Muara Aman.

Pada awalnya video ini akan saya jadikan satu file yang berisikan 5 chapter sekaligus, namun setelah dicoba digabung (merge) beberapa kali, pada bagian akhir dari video film ini selalu terputus tidak sampai akhir. Sedangkan dibagian akhir juga merupakan video yang cukup penting yaitu berisikan tentang keadaan Pasar, kemudian kondisi Air Picung dan bagian akhir yang paling menarik adalah panaroma Muara Aman yang dilihat dari daerah ketinggian Desa Talang Ulu sekarang.

Sebagai informasi tambahan, yaitu koleksi film H.J.A Sanders terdiri dari 24 buah film, yang pemutarannya lebih dari 3 jam. Dua puluh film tersebut menggambarkan keadaan tentang Hindia Belanda, sedangkan empat film lainnya merupakan film tentang liburan yang diambil di daerah Asia Tenggara dan Jepang. Jadi masih ada 18 buah film lagi yang belum dapat saya temukan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s